Monday, November 21, 2011

SATU TITIK HITAM AKAN MENGALAHKAN KERTAS PUTIH

Posted by Kiri_Chan at 10:42 PM
Tugas Minggu ke 6 ( Prasangka dan Diskriminasi )

Pada dasarnya setiap orang akan melakukan sebuah kesalahan, baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Tidak ada manusia yang sempurna dimuka bumi ini.
Namun bagi sebagian orang mencari kesalahan orang lebih mudah dari pada memaafkannya.


Seperti yang terjadi kepada seorang koruptor. Karena mengetahui kesalahannya yang sering kali menggelapkan uang negara ataupn perusahaan, orang-orang akan terus berprasangka negatif kepadanya, walaupun koruptor itu sendiri sudah tobat dari perbuatannya. Hal tersebutpun pun akan menimpa keluarganya.
Karena kesalahan yang ia perbuat, keluarganya pun ikut terkena imbas, dan akan terus dikaitkan dengan kesalahannya.

Keluarga dari seorang koruptor akan terkucilkan dari masyarakat sekitar Mereka akan terus digunjing atas kesalahan anggota keluarganya itu. Hal ini menimbulkan diskriminasi bagi para anggota keluarga serta koruptor itu sendiri. Tanpa masyarakat sadari, bahwa yang melakukan kesalahan  hanyalah satu orang, sedangkan yang lainnya mungkin tidak mengetahui apapun tentang kesalahan itu.


Masyarakat tidak dapat melihat sisi baik dari dalam diri si koruptor dan keluarganya itu. Atau melihat dari sudut pandang yang objektif. Karena masyarakat hanya mampu menyalahkan tanpa mampu memaafkan.


Seperti judul diatas, satu titik hitam sekecil apapun di atas kertas putih, akan mengalahkan warna kertas putih itu sendiri. Bila kita melakukan kesalahan, orang-orang akan terus menganggap kita salah, walaupun sebenernya kita juga banyak melakukan kebaikan.


Seharusnya masyarakat dapat lebih membedakan siapa yang bersalah, dan siapa yang tidak. Serta dapat memaafkan orang itu, dengan mempertimbangkan juga perbuatan lainnya yang orang itu perbuat. Sehingga selalu berprasangka buruk akan berkurang, dan tidak terjadinya diskriminasi pada anggota keluarga orang yang korupsi.







0 comments:

Post a Comment

 

~ Kiri's Life ~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea