Monday, November 21, 2011

Antara si miskin dan si kaya

Posted by Kiri_Chan at 11:11 PM
Tugas Minggu ke 10 ( Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat )

Di jaman yang serba modern saat ini, aturan-aturan sosial menjadi aturan dimasa lampau masih tetap ada. Contohnya tentang pelapisan sosial. Terkadang hal seperti ini membuat sebagian orang merasa menderita.
Apalagi di negara kita ini, Indonesia, dimana pelapisan sosial masih sangat lah banyak terlihat.


Sebagai contoh kecil, masyarakat yang hidup di kalangan menengah kebawah akan lah sangat sulit untuk mendapatkan fasilitas umum yang seharusnya mereka juga memiliki hak untuk mendapatkannya. Banyak anak-anak dari masyarakat menegah kebawah yang putus sekolah karena keadaan ekonomi mereka.
Banyak juga masyarakat menengah kebawah yang kesulitan untuk mendapatkan fasilitas kesehatan hanya karena mereka miskin dan tidak memiliki biaya untuk berobat.

Masyarakat menengah kebawah banyak yang ditolak oleh sebagian rumah sakit saat mereka sangat membutuhkan pengobatan yang layat atau saat darurat, hal ini tidak lain karena pihak rumah sakit memikirkan dari biaya yang bakal tidak mampu mereka tanggung. Begitu pula dengan anak-anak dari kalangan menengah kebawah yang menginginkan pendidikan yang menjadi hak mereka, tapi tidak dapat mereka raih, hal ini di karenakan juga dengan biaya. Pihak sekolah akan memikirkan hal ini.

Hal tersebut sangat bertentangan sekali dengan masyarakat dari menengah keatas. Mereka dapat sangat mudah untuk mendapatkan apapun. Sekolah yang layak bagi anak-anak mereka tanpa adanya penolakan dari pihak sekolah, serta pengobatan yang sangat memadai.
Lagi-lagi semuanya karena masalah pelapisan sosial yang ada.

Terkadang ada hal-hal sepele dimana anak-anak dari kalangan atas akan bergaul dengan anak-anak yang sederajat. Mereka suka memandang rendah anak-anak dari kalangan bawah. Akan terlihat jelas kalau si miskin tidak akan pernah bisa menjadi bagian dari sikaya.
Hal ini membuat saya bingung, apakan penting perbedaan yang sangan jomplang itu ada? Tidak selamanya masyarakat menengah kebawah itu jelek, malah terkadang sebagian dari mereka memiliki lebih banyak kebaagiaan di dalam hidup mereka.

Seharusnya hal seperti ini dihapuskan, sedikit demi sedikit. Karena pelapisan sosial kadang melupakan prinsip dasar seorang manusia, dimana manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa yang lainnya, dan sampai kapanpun manusia akan bergantung antara satu dengan yang lainnya.
Dan sebaiknya lebih disosialisasikan kepada masyarakat luas untuk dapat saling menghormati, menghilangkan sedikit perbedaan itu.




2 comments:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill seperti
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id
    - www.baak.gunadarma.ac.id
    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    ReplyDelete

 

~ Kiri's Life ~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea