Monday, November 14, 2011

Kemiskinan di Kota yang Gemerlap

Posted by Kiri_Chan at 3:46 AM
TUGAS MINGGU KE 7 ( MASYARAKAT PERKOTAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN)





Jakarta merupakan kota metropolitan yang sangat gemerlap. Setiap orang akan menganggap kalau tinggal di Jakarta dapat menjanjikannya menjadi sukses. Pada kenyataannya, kesuksesan tidaklah harus tinggal di sebuah kota metropolitan seperti Jakarta, namun kesuksesan diraih dengan kerja keras dari setiap individu.

Banyak masyarakat pedesaan tergiur dengan kesuksesan dan kegemerlapan kota Jakarta yang mereka lihat melalui TV. Mereka berlomba-lomba untuk datang ke Jakarta dengan tujuan mencari kerja. Terkadang mereka malah tidak mempunyai tujuan pekerjaan yang akan mereka cari. Mereka akan beranggapan, datang dulu ke Jakarta, masalah kerja mah apa saja jadi, yang penting di Jakarta.

Tanpa mereka sadari, kedatangan mereka malah membuat pertumbuhan kota Jakarta terus meningkat. Kemiskinan pun ikut meningkat. Hal ini disebabkan dari masyarakat desa yang tidak mempunyai tujuan pekerjaan dan skill terus berdatangan, sementara lapangan pekerjaan terbatas. Walaupun banyak lowongan pekerjaan yang tersedia, para pencari lowongan akan memberikan batasan bagi pelamar. Diharuskannya memiliki kemampuan dan latar pendidikan tertentu.
Dengan tidak dipikirkannya hal tersebut, masyarakat pedesaan yang terus berdatangan malah akan terus menjadi pengangguran. Pengangguran yang putus asa, akan bekerja sekadarnya saja untuk mencari sesuap nasi. Bila hal tersebut dibiarkan saja, kejahatanpun akan terjadi.

Disinilah peran pemerintah daerah diperlukan. Mereka diharapkan untuk mengembangkan usaha-usaha kecil di daerah, dengan tujuan dapat mendorong pengusaha kecil daerah tetap berjalan dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat daerahnya sendiri.
Dengan begitu, masyarakat daerah akan tetap tinggal di daerahnya sendiri dibandingkan harus pergi ke Jakarta untuk mencari pekerjaan.

0 comments:

Post a Comment

 

~ Kiri's Life ~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea