Monday, November 21, 2011

Kecanggihan teknologi yang meningkatkan kemiskinan

Posted by Kiri_Chan at 11:10 PM
Tugas Minggu ke 9 ( Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi dan Kemiskinan )

Jaman semakin hari semakin maju dengan berkembang pesatnya teknologi. Hal ini tidak luput dari peran Ilmu Pengetahuan yang menjadikan teknologi semakin melaju pesat. Begitu banyak teknologi yang tercipta untuk meringankan pekerjaan manusia, atau membuat suatu hanjadi lebih efisien.

Seperti halnya di Jepang, masyarakat tidak perlu lagi berepot-repot untuk berbelanja barang-barang ke super market, atau hanya sekedar membeli rokok dan minuman ringan. Masyarakat Jepang hanya perlu mendatangi Vending Machine atau mesin penjual otomatis.

Di Jepang, vending machine sudah merajalela, yang awalnya hanya menjual rokok dan minuman ringan, hingga sekarang vending machine yang menjual beras ataupun peralatan dan makanan lainnya ada.
Hal ini membuktikan bahwa Perkembangan Teknologi di Jepang sudahlah sangat maju.

Namun tanpa disadari, dengan adanya vending machine dapat menggeser para penjual di pasar tradisionall.
Kemudahan yang ditawarkan vending machine membuat masyarakat lebih memilih datang membeli barang-barang ataupun makanan di vending machine, karena vending machine di letakkan di tampat-tempat yang strategis. Masyarakat jadi berkurang minatnya untuk berbelanja di pasar tradisional.

Hal tersebut dapat membuat para penjual di pasar tradisional dapat gulung tikar. Omset penjual mereka akan terus berkurang dari hari kehari, sehingga mereka akan kekurangan modal untuk terus melakukan penjualan pada hari berikutnya. Dengan banyaknya penjual yang gulung tikar, para petani di desapun akan bingung untuk memasarkan hasil panennya.

Akan banyak masyarakat yang dirugikan, dan pengangguranpun akan bertambah. Orang-orang yang menganggur akan menambah panjang daftar masyarakat miskin.

Seharusnya perkembangan teknologi dapat diimbangi juga dengan keadaan masyarakat sekitar, sehingga semua dapat berjalan berdampingan, tanpa harus ada yang merasa dirugikan.

0 comments:

Post a Comment

 

~ Kiri's Life ~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea