Thursday, October 13, 2011

Tiket Menuju Kematian

Posted by Kiri_Chan at 9:48 AM
Tugas Minggu Kedua (Individu, keluarga dan masyarat)




     Sesuai judul diatas, saya akan membahas maslah sosial yang telah banyak terjadi di dalam masyarakat saat ini. Kecanduan narkotika merupakan salah satau dari banyaknya masalah sosial didalam masyarakat yang tentunya berakar dari masalah yang terjadi dalam individu, keluarga dan lingkungan masyarakt.

     Keluarga merupakan ruang lingkup utama dalam menciptakan sebuah individu, dimana keluarga memberikan pelajaran bagi para anggotanya. Contohnya, seorang anak akan menjadi baik atau buruk sifatnya di awali dengan pembelajaran awal yang ia dapat dari orang tuanya. Oleh karena itu keluarga berperan besar dalam masalah yang terjadi pada seorang anak.

     Banyak anak-anak sekarang yang menjadi pencandu narkotika karena mereka memiliki masalah intern dalam keluarganya. Sebagai contoh, kurangnya kasih sayang dan perhatian orang tua, mereka merasa sendirian dan kesepian, sehingga mereka lari ke dunia malam, dan mereka terjerumus dalam penggunaan narkotika. Mereka mencoba melarikan diri dari masalah dengan menggunakan narkotika, dengan anggapan bahwa dengan menggunakannya mereka akan melupakan masalah-masalah itu.
Sebagian orang tuapun banyak yang tidak mengetahui tentang perilaku anak-anak mereka itu. Terkadang para orang tua malah lepas tangan dengan masalah yang dihadapi anak-anak mereka itu sendiri.

     Seharusnya disinilah peran orang tua ataupun anggota lainnya untuk membantu anak-anak mereka terlepas dari kecanduan narkotika. Seharusnya mereka lebih meluangkan banyak waktu untuk lebih memperhatikan anak-anak mereka, dan memberikan kasih sayang yang cukup untuk anak-anak mereka.

    Selain masalah kecanduan narkotika ini berakar dari masalah keluarga, lingkungan sekitarpun terkadang ikut ambil andil. Lingkungan yang buruk akan menciptakan pribadi yang buruk pula untuk seorang anak. Disaat seorang anak harus bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, mereka mau tidak mau akan belajar sesuatu hal dari lingkungan itu.

    Seorang anak akan mulai mengikuti teman-teman mereka. Mulai dari coba-coba karena, merasa kalaub menggunakan narkotika itu merupakan suatu trend, sampai karena pelarian. Mereka tidak menyadari bahwa mereka telah menciptakan tiket mereka sendiri menuju kematian.

     Untuk menghindari itu semua, setiap individu harus diberikan pengertian dahulu dari bahayanya narkotika itu. Dimulai dari lingkungan keluarga, terutama dari orang tua. Dimana setiap orang tua di tuntut untuk lebih memperhatikan anak-anak mereka. Serta dibantu untuk dibentuk individu yang lebih kuat agar tidak terpengaruh dengan lingkungan yang buruk.


0 comments:

Post a Comment

 

~ Kiri's Life ~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea