Thursday, October 13, 2011

Kebudayaan yang Hilang...

Posted by Kiri_Chan at 10:28 AM
Tugas minggu ke 3 (pendidikan, masyarakat, dan kebudayaan)












    Pada zaman sekarang, masyarakat Indonesia banyak yang tidak mengenal kebudayaannya sendiri, terutama para remaja. Mereka lebih banyak mengenal kebudayaan negara lain dibanding kebudayaan negara sendiri.
Sebagai contoh banyaknya kesenian bangsa yang banyak diakui oleh negara lain, dan masyarakat baru menyadarinya saat kesenian itu sendiri telah dicuri.

     Pada pendidikan saat ini, sudah jarang pengenalan kebudayaan diterapkan. Pengenalan hanya dilakukan saat adanya silabus yang membahas tentang kebudayaan itu sendiri. Hanya beberapa sekolah yang masih aktif mengadakan ekstrakulikuler kesenian daerah, dan peminatnya pun sangat sedikit. Banyak para remaja yang menganggap bahwa kesenian ataupun kebudayaan negara itu tidak keren dan tidak menarik. Oleh karena itu lebih memilih mempelajari kebudayaan negara lain.

     Bila ditelaah lebih jauh, kebudayaan negara tidak lah kalah dari negara lain. Buktinya banyak masyarakat dari negara lain yang mempelajarinya dan mengaguminya. Mereka mengatakan bahwa kebudayaan masyarakat Indonesia sangatlah unik dan beragam, sehingga dapat menimbulkan decak kagum bagi mereka.

    Disinilah pendidikan sangat berperan langsung untuk lebih mengenalkan kebudayaan bangsa. Seharusnya pengenalan dilakukan pada pendidikan tingkat dasar, dengan menanamkan rasa cinta pada kebudayaan sendiri. Sehingga saat seseorang tumbuh dewasa, dapat lebih menghargai kebudayaannya. Hal ini dapat mencegah terjadinya pencurian kebudayaan oleh negara lain.


     

0 comments:

Post a Comment

 

~ Kiri's Life ~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea