Wednesday, May 4, 2011

Pengertian Cinta Kasih

Posted by Kiri_Chan at 10:03 PM
Tugas IBD

Pengertian Cinta Kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwa Ddarmita, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih sendiri artinya perasaan sayang atau acinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kasih memperkuat rasa cinta, Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka atau sayang kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih.

Cinta kasih memegang peranan penting didalam kehidupan manusia, sebab cinta kasih merupakan daras kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta menjadi pengikat manusia dengan Tuhannya, sehingga manusia menymbah tuhan dengan ikhlas, mingikuti perintahNya, serta berpegang teguh pada syariatnya.

Sedangkan kasih sayang dapat diartikan sebagai perasaan sayang, perasaan cinta, atau perasaan suka kepada seseorang. Didalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka singga kedunya merupakan satukesatuan yang bulat dan utuh.

Kasih sayang merupakan dasar komunikasi dalam suatu keluarga. Komunikasi antara anak dan orang tua pada prinsipnya anak terlahir dan terbentuk sebagai hasil curahan kasih sayang orang tuanya. Pengembangan watak anak dan selanjutnya tidak boleh lepas dari kasih sayang dan perhatian orang tua. Suatu hubungna yang harmonis akan terjadi secara timbal balik antara orang tua dan anak.

Adanya kasih sayang ini mempengaruhi anak dalam masyarakat. Orang tua dalam memberikan kasih sayangnya bermacam-macam, demikian pula sebaliknya. Dari cara pemberian cinta kasih dapat dibedakan :
  1. Orang tua bersifat aktif fan sianak bersifat pasif
  2. Orang tua bersifat pasif dan sianak bersifat aktif
  3. Orang tua bersifat pasif dan sianak bersifat pasif
  4. Orang tua bersifat aktif dan sianak bersifat aktif

0 comments:

Post a Comment

 

~ Kiri's Life ~ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea